Batalyon Armed 5/Pancagiri Kodam III/Siliwangi Resmikan Kampung Pancasila Desa Karangpaningal, Purwadadi Kabupaten Ciamis

Ciamis, Jabar – PW. Peresmian kampung Pancasila dan menunjang Pra tugas SATGAS PAMTAS RI-MALAYSIA YONARMED 5/PANCAGIRI Dusun Karangpaningal Rt 19 RW 05 Desa Karangpaningal Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis berlangsung di lapangan Desa Karangpaningal, Senin (30/5/2022).

Rangkaian acara di isi dengan perlombaan diantaranya lomba PBB dan Lomba Baca Puisi dengan tema Pancasila, tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Purwadadi, tidak luput dimeriahkan penampilan marching band dari SMP 1 Purwadadi, dan penampilan Paduan suara oleh Ibu PKK Desa Karangpaningal.

Kapten Arm Dhestya Hendha, S.S.T.Han., S.I.P selaku Komandan Kompi 4 Batalyon Armed 5/Pancagiri dalam sambutannya menyampaikan,rasa puji dan syukur kepada Allah SWT Peresmian Kampung Pancasila ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, Ia merasa bangga dari mulai hadir sampai saat ini dukungan masyarakat sangat antusias dan luarbiasa yaitu dalam rangka pembentukan Kampung Pancasila, Bersama Rakyat TNI kuat.

Dhestya Hendha mengatakan,dengan diresmikannya Kampung Pancasila bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya Pancasila untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga Keutuhan NKRI.

” Berharap Desa Karangpaningal menjadi salah satu percontohan bagi Desa dan Kecamatan lain, maka dari itu harus tetap terjaga serta kompak,dan seiring berjalannya waktu kita harus tetap menjungjung tinggi Pancasila, apalagi di era sekarang banyak sekali cara untuk tetap melestarikan Pancasila, terutama bagi generasi muda baik melalui media sosial dan sebagainya,” Ujarnya.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Ciamis Fraksi Demokrat Hj.Hakimah menyampaikan,Ia sangat mengapresiasi kepada seluruh Prajurit yang banyak sekali kontribusinya kepada masyarakat Desa Karangpaningal dan ucapkan terimakasih kepada seluruh Kepala Sekolah,Para Guru dan Murid yang telah ikut serta memeriahkan acara peresmian Kampung Pancasila.

“Kami dan warga masyarakat Desa Karangpaningal sangat mengapresiasi dan bangga kepada Kapten Dhestya beserta seluruh prajurit yang telah membangun jalan di lingkungan Dusun Cigobang Rt 30 telah menyelesaikan sarana dan prasarana tempat ibadah,lapangan desa sehingga menjadi terawat dan acara peresmian Kampung Pancasila dapat terlaksana berjalan dengan aman dan kondusif.

” Meskipun dengan waktu yang singkat namun seluruh Prajurit bisa berbaur dengan masyarakat melakukan kerja bakti bersama dan itu semua menjadi kesan dan kenangan bagi warga Desa Karangpaningal,” Tukasnya.

Menurutnya pemahaman Pancasila, itu sejak dini kita harus tanamkan,supaya tidak adanya perpecahan, kita sebagai warga negara harus pintar pintar memilah dan memilih sebab jaman sekarang banyak sekali berita hoax yang beredar di masyarakat.

“Dengam diresmikanya Kampung Pancasila,diharapkan bukan hanya seremonial saja tetapi harus dilestarikan bahwa kebersamaan, persatuan, gotong royong dan kepedulian harus kita tingkatkan, dan apabila kebersamaan menjadi tujuan kita bersama Insya Allah akan terwujud,” Tambahnya.

Seusai kegitan salah satu guru Bahasa Indonesia SMP 1 Purwadadi Meitsa Widi Nuraeni Lisanti, S.Pd juga sebagai pembimbing seni ekstrakurikuler marching band saat di wawancara menyampaikan ketika para Prajurit itu datang ke Desa Karangpaningal untuk latihan Pra tugas,dan hasilnya banyak sekali perubahan yang langsung nampak dan terlihat.

“Kami dari tim marching band SMP 1 Purwadadi ikut memeriahkan acara peresmian Kampung Pancasila,dan dalamkesempatan tersebut ada juga 2 siswa yang mengikuti perlombaan Baca Puisi, dan 2 regu mengikuti lomba PBB, kami sangat mengapresiasinya.
Kepada para Prajurit dan warga Desa Karangpaningal mengucapakan terimakasih telah bahu membahu dalam mewujudkan Desa Karangpaninggal menjdi Kampung Pancasila,” Tuturnya.

Ia berharap dengan diadakannya acara peresmian kampung Pancasila ini terasa hidup kembali bagi kami khususnya di bidang marching band, ini pertama kali lagi bagi kami tampil, sebab beberapa tahun ke belakang kita vakum sejenak karena terhalang covid 19, semoga anak anak tetap semangat dan bisa mengambil hikmah dari acara ini, semoga marching band SMP 1 Purwadadi tetap hadir dan tampil di acara acara selanjutnya, terimakasih kepada Kapten Arm Dhestya dan para Prajurit yang telah membantu anak anak latihan meskipun dalam waktu singkat namun anak anak menjadi lebih semangat,satu kata untuk TNI, tetap berjaya,” Tandasnya.

FAI

Related posts